MEDIA AUDIO
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KTSP
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/semester :
X/2
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis
unsur- unsur geografi
Kompetensi Dasar :Menganalisis
dinamika dsn kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan di bumi
Indikator :
1.
Menganilisis
proses pembentukan tanah di indonesia
2.
Mengklarifikasikan
jenis tanah berdasarkan kesuburannya
3.
Mengannilis
penyebab terjadinya erosi tanah
I.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menganilisis
proses pemmbentukan tanah di indonesia
2.
Menunjukan
jenis dan persebaran tanah pada peta indonesia
3.
Mengklarifikasikan
jenis tanah berdasarkan kesuburannya
4.
Menganilisis
penyebab terjadinya erosi tanah
5.
Menganilisis
dampak erosi tanah terhadap kehidupan
II.
Materi
Pembelajaran
1)
Pedosfer
·
Proses
pembentukan tanah
·
Jenis
dan ciri tanah di Indonesia
2)
Proses
erosi tanah
·
Penyebab
terjadinya erosi tanah
·
Mengurangi
dan mencegah kerusakan tanah
III.
Metodepembelajaran
:ceramah, diskusi , tanya jawab,
pemberian tugas
IV.
Langkah-
langkah kegiatan Pembelajaran
Tahapan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
awal
|
A.
Apersepsi
1.
Salam
2.
Meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan prasayarat yang berkaitan dengan materi yang
di bahas
3.
Menyampaikan
kegunaan materi yang akan di pelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya
yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
B.
Pemberian
motivasi
Memberikan
contoh manfaat mempelajari pedosfer dalam kehidupan sehari-hari
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A. Eksplorasi
1.
Melibatkan
siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi yang akan di
pelajari yaitu guru memberikan informasi tentang pedosfer
2.
Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan
pertanyaan kepada siswa tentang pedosfer
B. Elaborasi
1.
Dengan
tanya jawab guru menjelaskan tentang pedosfer
2.
Secara
berkelompok yang terdiri dari 4 siswa membahas tentang pedosfer, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
3.
Meminta
beberapa perwakilan kelompok unruk mempresentasikan hasil diskusi dan
kelompok lain memberikan tanggapan ( guru memandu diskusi dan meluruskan
jawaban yang benar)
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Membimbing
siswa untuk merangkum materi yang di sampaikan
2.
Guru
memberikan kesimpulan tetang materi yang di sampaikan
3.
Guru
memberikan tes atau evaluasi
4.
Guru
memberikan tugas
5.
Salam
penutup
|
15 menit
|
V. Sumber Belajar
1.
K.widiyatmoko
(2006), Geografi SMA Kelas X. Jakarta, Erlangga ( hal 107-112)
2.
Samadi
(2010), geography Bilingual For Senior High School Year X. Jakarta,Yudistira.
(hal 96-109)
3.
Darmawijaya
( 1991), klasifikasi tanah, Yogyakarta, Gajah Mada University Press
Alat :
1.
Lcd
proyektor
2.
Computer
3.
Boarmarker
4.
White
board
5.
Peta
geologi
6.
Gambar
kerusakan tanah
VI. Penilaian
1.
Teknik
penilaian
-
Tak
tertulis
-
Penugasan
2.
Bentuk
instrumen
-
Soal
essay singkat
-
Soal
uraian
Pedoman Penilaian :
Soal essay singkat :
a.
Setiap
soal yang di jawab dengan benar atau sempurna diberi skor 5
b.
Setiap
soal yang di jawab dengan mendekati
benar di beri skor 3
c.
Setiap
soal yang di jawab dengan salah diberi skor 1
d.
Setiap
soal yang tidak di jawab diberi skor 0
DAFTAR PUSTAKA
https://www.slideshare.net/mobile/edy_tbk/rpp-kelas-x-geografi-edy
DAFTAR PUSTAKA
https://www.slideshare.net/mobile/edy_tbk/rpp-kelas-x-geografi-edy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar