Rabu, 19 Desember 2018

Tugas 2 Rancangan RPP Media Audio Berbasis KTSP


MEDIA AUDIO
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KTSP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/semester : X/2
Pertemuan ke  : 13
Alokasi  Waktu : 2 x45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis unsur- unsur geografi
Kompetensi Dasar :Menganalisis dinamika dsn kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di bumi
Indikator :
1.      Menganilisis proses pembentukan tanah di indonesia
2.      Mengklarifikasikan jenis tanah berdasarkan kesuburannya
3.      Mengannilis penyebab  terjadinya  erosi tanah
       I.            Tujuan Pembelajaran
1.      Menganilisis proses pemmbentukan tanah di indonesia
2.      Menunjukan jenis dan persebaran tanah pada peta indonesia
3.      Mengklarifikasikan jenis tanah berdasarkan kesuburannya
4.      Menganilisis penyebab terjadinya erosi tanah
5.      Menganilisis dampak erosi tanah terhadap kehidupan
    II.            Materi Pembelajaran
1)      Pedosfer
·         Proses pembentukan tanah
·         Klasifikasi tanah
·         Jenis dan ciri tanah di Indonesia
2)      Proses erosi tanah
·         Penyebab terjadinya erosi tanah
·         Mengurangi dan mencegah kerusakan tanah

 III.            Metodepembelajaran :ceramah, diskusi , tanya jawab, pemberian tugas

 IV.            Langkah- langkah kegiatan  Pembelajaran
Tahapan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan awal
A.  Apersepsi
1. Salam
2. Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasayarat yang berkaitan dengan materi yang di bahas
3. Menyampaikan kegunaan materi yang akan di pelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
B.  Pemberian motivasi
Memberikan contoh manfaat mempelajari pedosfer dalam kehidupan sehari-hari
15 menit
Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1.      Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi yang akan di pelajari yaitu guru memberikan informasi tentang pedosfer
2.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan kepada siswa tentang pedosfer
B. Elaborasi
1.      Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pedosfer
2.      Secara berkelompok yang terdiri dari 4 siswa membahas tentang pedosfer, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
3.      Meminta beberapa perwakilan kelompok unruk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan ( guru memandu diskusi dan meluruskan jawaban yang benar)
60 menit
Penutup
1.      Membimbing siswa untuk merangkum materi yang di sampaikan
2.      Guru memberikan kesimpulan tetang materi yang di sampaikan
3.      Guru memberikan tes atau evaluasi
4.      Guru memberikan tugas
5.      Salam penutup
15 menit

V. Sumber Belajar
1.      K.widiyatmoko (2006), Geografi SMA Kelas X. Jakarta, Erlangga ( hal 107-112)
2.      Samadi (2010), geography Bilingual For Senior High School Year X. Jakarta,Yudistira. (hal 96-109)
3.      Darmawijaya ( 1991), klasifikasi tanah, Yogyakarta, Gajah Mada University Press
4.      Internet ( http://geo-media blogspoot.com/.www.wikipedia.com.www.google.com)

Alat :
1.      Lcd proyektor
2.      Computer
3.      Boarmarker
4.      White board
5.      Peta geologi
6.      Gambar kerusakan tanah
VI. Penilaian
1.      Teknik penilaian
-          Tak tertulis
-          Penugasan
2.      Bentuk instrumen
-          Soal essay singkat
-          Soal uraian
Pedoman Penilaian :
Soal essay singkat :
a.       Setiap soal yang di jawab dengan benar atau sempurna diberi skor 5
b.      Setiap soal yang di  jawab dengan mendekati benar di beri skor 3
c.       Setiap soal yang di jawab dengan salah diberi skor 1
d.      Setiap soal yang tidak di jawab diberi skor 0

DAFTAR PUSTAKA
https://www.slideshare.net/mobile/edy_tbk/rpp-kelas-x-geografi-edy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar